Apa itu Diet Herbalife? Bagaimana Cara Dietnya?

Sejak saya menjadi coach diet herbalife tahun 2013, saya seringkali mendapat pertanyaan :”bagaimana sih cara diet herbalife itu”. Lalu pada lain kesempatan juga ada yang bertanya : apakah diet herbalife itu bisa hanya pakai teh-nya saja? Kalau minum yang tablet aja bisa kurus nggak? Atau juga banyak yang bertanya apakah diet herbalife itu aman?

Pertanyaan-pertanyaan itu bisa dijawab dengan jelas jika kita memahami tentang metode diet herbalife.

HAKIKAT DIET : Kalori Defisit
Apapun yang kita makan itu mengandung kalori. Kecuali air putih. Kalori itu secara kasaran saja adalah energi yang terkandung dalam sebuah makanan atau minuman. Selain itu kalori juga diartikan sebagai jumlah energi yang dibakar ketika kita melakukan aktivitas apapun bahkan termasuk sekedar untuk tidur. Jadi :

  1. Kita makan minum itu MENAMBAH Kalori
  2. Kita beraktivitas itu MEMBAKAR kalori. Walau aktivitas itu sekedar tidur dan bernafas sekalipun. Orang menyebutnya dengan METABOLISME.

diet defisit kalori

Sehingga di tubuh kita itu tiap hari terjadi 2 aktivitas yang berlawanan tersebut. Dari 2 hal ini maka bisa terjadi 3 kemungkinan :

  • Kita jadi makin gemuk : kalau jumlah kalori yang kita makan/minum lebih besar dari yang kita bakar lewat aktivitas. Kelebihan kalori itu ditumpuk jadi lemak di bagian-bagian tubuh kita. Di pipi, lengan, perut, paha dan sebagainya
  • Kita jadi makin langing : kalau jumlah kalori yang kita makan/minum lebih kecil dari yang kita bakar lewat aktivitas. Karena yang dimakan lebih sedikit, maka tubuh mengambil kekurangannya dari bagian tubuh yang kelebihan lemak. Karena Lemak adalah energi yang tersimpan
  • Kalau apa yang dibakar dan apa yang dikonsumsi jumlahnya sama maka tubuh kita nggak makin gemuk dan nggak makin kurus juga!

Dari penjelasan di atas tadi, maka proses turun berat badan adalah ada di nomor 2 : yaitu ketika kalori yang kita makan lebih kecil dari yang dibakar. Itulah yang disebut defisit kalori. Inilah hakikat diet. Bukan hakikat diet herbalife saja, tapi hakikat cara diet apapun yang ada di dunia ini.

CATATAN : Tapi jangan salah membedakan tentang makna hakikat diet dengan “sekedar langsing”. Diet itu pasti membakar lemak. Kalau orang mau langsing yang sehat maka yang berkurang adalah lemak tubuh. Kalau sekedar langsing yang biasa dilakukan dengan obat-obatan pelangsing, yang turun itu belum tentu lemak. Bisa jadi yang turun adalah kandungan air dalam tubuh kita (makanya ada yang mudah dehidrasi), atau massa otot kita (jadi sering lemas dan sakit-sakitan).

Dari penjelasan tentang defisit kalori tersebut, maka diambil kesimpulan :

Kesimpulan 1 :kita harus membatasi asupan kalori (makan) agar tidak melebihi, atau kurang dari kalori yang dibakar oleh tubuh. 

Tapi ternyata banyak orang yang sudah membatasi makan, tapi kok juga nggak langsing-langsing? Ada yang curhat ke saya seperti ini : saya sudah nggak pernah makan nasi, cuma makan buat dan sayur sepanjang hari, awal-awal turun. Tapi kok sekarang sudah stop ya? Padahal badan masih gemuk nih!

Kenapa?

Kita tahan dulu kesimpulan 1 ini sampai disini. Kita harus mengenal lebih jauh tentang apa itu METABOLISME tubuh. Mahluk apalagi ini??

Jendral Perang Pembakar Lemak itu bernama METABOLISME!
Setiap orang memiliki apa yang disebut metabolisme, yaitu kemampuan si tubuh dalam membakar lemak/kalori. Bahkan walau kita nggak ngapa-ngapain sekalipun,  misalnya tidur – metabolisme tetap melakukan pembakaran kalori. Menariknya, level metabolisme itu berubah-ubah. Kadang bisa cepat membakar lemak, kadang bahkan males-malesan bakar lemak, bekerja sekedarnya! Ya sang jendral perang ini sebenarnya pintar bersiasat dan berstrategi. Ia dengan mudah menyuruh tubuh melambatkan pembakaran lemak kalau Anda juga lagi puasa!

Seperti kasus diatas, seseorang yang sudah nggak makan, tapi kok nggak turun-turun berat badannya. Itu terjadi karena sang jendral telah membaca signal bahwa kita lagi puasa, maka jendral juga harus menjaga energi yg tersimpan jangan terlalu cepat dibakar. Maka kitalah yang menjadi pusing : tujuannya mau turun berat badan dengan membatasi kalori, loh kok malah metabolisme juga ikut-ikutan turun untuk memproteksi lemak-lemak untuk jangka panjang, agar tidak buru-buru dibakar!

Nah, inilah yang namanya adu strategi dengan sang jendral : makan salah, nggak makan salah juga. Trus piye? 

Untuk menjaga metabolisme tubuh biar bisa bakar lemak terus-terusan, kita tetap  HARUS makan. Dengan tetap makan, maka jendral pembakar lemak itu tidak akan pernah menyuruh pasukannya menghemat tenaga. Tinggal masalahnya, bagaimana caranya kita tetap bisa makan tapi kalorinya tetap defisit?

Yang dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga metabolisme adalah : NUTRISI. Anggaplah nutrisi ini adalah amunisi perang sang jendral. Selama kita kasih nutrisi yang cukup, maka tubuh tetap akan melakukan pembakaran lemak. Menariknya, nutrisi itu tidak harus tinggi kalori. Jadi prinsip defisit kalori tetap bisa tercapai walau kita mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi!

Maka kita sampai pada kesimpulan berikutnya :

Kesimpulan 2 : kita harus tetap makan makanan bernutrisi yang imbang untuk menjaga metabolisme pembakaran lemak

Diet Herbalife : Intinya ada pada SHAKE MIX
shake herbalifeDari 2 kesimpulan tersebut maka yang dibutuhkan tubuh untuk diet adalah : asupan makanan yang kalorinya rendah, tapi nutrisinya tinggi. Untuk ini bisa saja anda mempersiapkan sendiri komposisi makanan yang harus anda makan sehari-hari, mulai dari mengatur asupan karbonya berapa, lemaknya berapa, proteinnya berapa dan seterusnya. Tapi jika anda ribet untuk mengatur hal-hal tersebut, anda bisa dengan mengkonsumsi Shake Mix Herbalife.

Shake Mix Herbalife itu mengandung lebih dari 20 jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Shake mix disebut rendah kalori, karena hanya 80 kalori per satu kali saji menggunakan air biasa, atau tidak lebih dari 200 kalori jika dicampur susu non fat. Bahkan Shake ini juga mengandung protein dalam jumlah yang cukup  tinggi, untuk menjaga level metabolisme tubuh.

Cara Diet Herbalife
Mengacu pada penjelasan diatas, maka cara diet herbalife yang defisit kalori adalah : dengan mengganti 2 kali jatah makan harian kita dengan mengkonsumsi Shake Mix. Yaitu pagi dan malam. Siangnya kita makan normal seperti biasa. Dengan cara sesimple itu sudah pasti jumlah kalori yang masuk ke tubuh kita akan terjadi defisit. Dan sudah pasti juga nutrisi yang masuk sangat mencukupi untuk memberi amunisi pada sang jendral pembakar lemak.

BERES. Sebenarnya diet herbalife sudah bisa dilakukan sesimple itu. Tapi …. yuk kita masuk ke penjelasan tambahan berikut

METABOLISME itu bisa diBOOSTER!
Kecepatan pembakaran lemak dalam tubuh kita itu bisa ditingkatkan. Artinya kalau kita menaikkan jumlah pembakaran kalori maka akan lebih cepat turun berat badannya.

Contoh :

  1. kita sehari makan 1600 kalori. metabolisme normal 1800 kalori. maka ada defisit kalori sebesar 200. Atau artinya sehari kita bakar lemak 200 kalori.
  2. kalau kita “mengakali” metabolisme dengan menggenjotnya jadi 2000 kalori, maka yang dibakar sehari menjadi 400 kalori. Jadi lebih cepat kan?

Bagaimana cara menggenjot metabolisme?

  1. Olahraga. Sebenarnya ini adalah sama dengan MENAMBAH aktivitas fisik. Kalau aktivitas fisik bertambah, tentu saja kalori yang dibakar lebih banyak. Kalau mau lebih cepat lagi, cari olahraga yang membentuk otot. Karena penambahan otot sama artinya menambah pasukan pembakar lemak
  2. Sehatkan pencernaan Anda. Pola makan anda selama bertahun-tahun tentu menyisakan zat-zat yang melemahkan sistem kerja pencernaan. Kalau pencernaan yang tidak optimal, maka asupan nutrisi yang kita konsumsi tidak juga terserap optimal. Dengan demikian metabolisme akan juga tidak optimal. Oleh karena itu dengan menyehatkan pencernaan maka artinya kita sedang menggenjot metabolisme
  3. Perhatikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Salah satu faktor penting metabolisme tubuh adalah kadar air dalam tubuh. Ingat, 50% tubuh kita ini terdiri dari air. Orang yang kadar airnya tidak imbang maka akan mengalami pelambatan metabolisme.
  4. Konsumsi Kafein. Kafein memang secara riset bisa menaikkan level metabolisme. Namun kafein terbaik berasal dari teh hijau, bukan dari kopi.

Nah, produk Herbalife itu memang ada banyak selain shake. Produk-produk pendukung lainnya tersebut berfungsi untuk mendongkrak metabolisme :

  • Kesehatan Pencernaan : Herbal Aloe Concentrate, Mixed Fiber dan Fiber Herbs
  • Sistem keseimbangan cairan : Cell U Loss
  • Cafein terbaik : Herbal Tea Concentrate dan NRG

Oleh karena itu, dalam diet herbalife, kemudian ada beberapa paket diet

Dari penjelasan di atas kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di awal tulisan ini. Tapi baiklah juga kita buatkan list FAQ nya

Apakah Diet Herbalife bisa tanpa Shake?
Tidak bisa. Karena metode dietnya adalah defisit kalori, tinggi nutrisi

Apakah diet herbalife bisa pakai teh saja?
Tidak bisa. Karena dietnya kan harus rendah kalori. Bukan sekedar boost metabolisme

Apakah diet herbalife aman?
Aman donk, karena kan bukan dietnya itu mengkonsumsi nutrisi, vitamin dan mineral. justru tujuan diet yang benar adalah untuk menaikkan kualitas kesehatan kita

Apakah diet herbalife itu mengakibatkan maag?
Diet yang tepat malah tidak akan mengakibatkan maag kambuh. Karena justru kalau kita tidak makan, metabolismenya akan turun. Diet itu harus makan, walau jenis dan kalorinya harus terjaga

Apakah diet herbalife aman buat ibu menyusui?
Kenapa tidak? Dietnya itu rendah kalori, tinggi nutrisi loh! Ibu hamil dan menyusui justru membutuhkan asupan nutrisi yang cukup

Apakah kalau sudah tidak minum herbalife, berat badan akan naik lagi?
Kalau kamu bisa menjaga keseimbangan kalori, maka tidak akan naik lagi. Rumusnya sederhana kan?

Ingin Konsultasi?

Jika Anda sedang membuka web ini menggunakan handphone :

Atau anda bisa manual menghubungi kami lewat data kontak dibawah ini :

Telkomsel : 0813-5355-6575
Follow IG : @mantangemuk
LINE : @mantangemuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *